Bacaan SehatKesehatan

10 Fakta Tentang Mendengkur Yang Bikin Heboh

Tamanilmu.com – 10 Fakta Tentang Mendengkur, Untuk sebagian orang mendengkur memang sangat mengganggu, nah oleh karena itu Tamanilmu.com mencoba mengurai Tentang Fakta atau Isu yang beredar di masyarakat tentang Mendengkur.

10 Fakta Tentang Mendengkur :

1. Satu dari lima orang di dunia mendengkur.

Benar.Diperkirakan lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia mendengkur saat tidur karena berbagai alasan.

2. Pria dan wanita mendengkur dengan cara yang sama.

Salah. Pria lebih banyak mendengkur dibandingkan wanita, proporsinya adalah 80% pria dan 20% wanita. Penyebabnya terkait dengan distribusi kelebihan berat badan pada pria yang menumpuk di dada dan leher sehingga menyebabkan penyempitan saluran udara. Kelebihan berat badan pada wanita biasanya menumpuk di pinggul. Jantan juga memiliki leher yang lebih besar daripada betina. Orang dengan lingkar leher 40 cm atau lebih cenderung mendengkur.

3. Radang amandel (tonsilitis) menyebabkan mendengkur pada anak.

Benar. Fakta Tentang Mendengkur adalah Radang Amandel. Salah satu ciri anak yang terkena tonsilitis adalah mendengkur sebelum tidur.

Baca Juga : 6 Rahasia Kuno Kecantikan Wanita Tiongkok

4. Posisi tidur tidak berpengaruh terhadap dengkuran.

Tidak benar. Tidur telentang membantu Anda lebih sering mendengkur daripada tidur menyamping.

5. Kelebihan berat badan menyebabkan mendengkur.

Benar. Obesitas sangat umum di antara pendengkur. Hal ini karena lemak yang menumpuk di sekitar leher dapat mempersempit saluran udara. Lemak di perut juga bisa menyebabkan kerja diafragma tidak teratur. 10 Fakta Tentang Mendengkur

6. Obat tidur dan obat penenang mengurangi dengkuran.

Tidak benar. Obat ini menyebabkan relaksasi otot dan meningkatkan kemungkinan mendengkur.

7. Pada usia 50 tahun, wanita mendengkur sebanyak pria.

Benar. Seiring bertambahnya usia wanita, mereka kehilangan otot dan lemak di daerah tenggorokan. Lidah, laring, dan jaringan di sekitarnya juga bisa sedikit menyusut. Perubahan ini dapat mempersempit saluran udara dan meningkatkan risiko mendengkur. Hanya 5% wanita di usia 30-an yang mendengkur, tetapi setelah usia 50 tahun bisa menjadi 40%. Pada usia ini, wanita mendengkur sama seperti pria.

Baca Juga : Ratu Jin Qolbuniyah Di Pesantren Keresek Garut

8. Mendengkur bisa menandakan suatu penyakit.

Benar. Mendengkur bisa menjadi gejala apnea tidur obstruktif (OSA), kondisi umum dan berpotensi serius di mana pernapasan berhenti berulang kali dan berlanjut selama tidur. Seseorang dengan sleep apnea sering terbangun di malam hari untuk bernapas, tetapi biasanya tidak mengingatnya.Sleep apnea sering tidak terdeteksi tetapi sangat berbahaya bagi kesehatan Anda karena menyebabkan kurang tidur, kekurangan oksigen, depresi dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

9. Intensitas mendengkur bisa mencapai 90 desibel.

Benar. Sesuai dengan suara truk yang melaju di jalan.

10. Merokok tidak menyebabkan mendengkur

Salah. Asap rokok dapat menginfeksi jaringan tenggorokan dan menyebabkan pembengkakan. Hal ini menyebabkan penyempitan saluran udara dan mendengkur.

Nah itulah 10 Fakta Tentang Mendengkur yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button