Bidang Ilmu Pendidikan

Ekonomi Terapan: Pengertian, Cara Kerja dan 7 Contoh Sederhana

tamanilmu.com | Ekonomi Terapan: Pengertian, Cara Kerja dan 7 Contoh Sederhana – Dalam pengetahuan ilmu ekonomi secara garis besar, ilmu ekonomi dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah ilmu ekonomi terapan. Di dalam penerapan, ilmu ini sering digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan ekonomi yang sifatnya spesifik atau khusus.

Pengertian Ilmu Ekonomi Terapan

Dalam bukunya Pengantar Ilmu Ekonomi: Kajian Teoritis dan Praktis Mengatasi Masalah Pokok Perekonomian (2020) karya Subhan Purwadinata dan Ridolof Wenand Batilmurik, ekonomi terapan merupakan ilmu ekonomi yang sifatnya lebih praktis yang diterapkan pada beberapa masalah tertentu.

Lebih spesifiknya, ilmu ekonomi terapan digunakan untuk membuat dan atau merumuskan berbagai kebijakan serta pedoman yang dirasa tepat sebagai penyelesaian permasalahan ekonomi tertentu dan dikenal dalam bahasa inggris dengan istilah applied economics.

Seperti yang dilansir dari Investopedia, applied economics adalah penggunaan wawasan atau ilmu yang didapat dari teori serta penelitian ekonomi, dalam rangka pembuatan keputusan yang lebih baik serta pemecahan masalah ekonomi.

Tujuan ilmu ekonomi terapan  adalah untuk meningkatkan kualitas praktik dalam dunia bisnis, perumusan kebijakan publik, serta dalam kehidupan sehari-hari, yang dilakukan dengan pengambilan keputusan secara cermat mengenai biaya, manfaat, insentif, serta perilaku manusia.

Hipotesis yang mungkin muncul dapat diambil dari hukum serta model ekonomi yang sifatnya lebih umum. Ilmu ekonomi terapan dapat menggambarkan hasil potensial dari pilihan keuangan yang diambil individu.

Sebagai contoh ada seorang individu yang ingin membeli mobil mewah, dengan keuangan yang terbatas. Individu tersebut akan melakukan penilaian biaya dan dampak jangka panjangnya jika ia membeli mobil mewah tersebut.

Misalnya harus membayar pajak dan biaya perawatan yang mahal. Adanya penilaian dan pemikiran ini akan membantu individu tersebut berpikir apakah dengan membeli mobil mewah tersebut, ia mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Maka dapat disimpulkan jika cara kerja ekonomi terapan ialah dengan menggunakan teori dan kajian ekonomi. Ilmu ekonomi ini juga membantu individu atau organisasi dalam proses pengambilan keputusan, dengan memperhatikan berbagai aspek yang ada.

Contoh ilmu ekonomi terapan memiliki banyak cabang atau jenisnya. Berikut beberapa contoh ilmu ekonomi terapan:

  • Ekonomi pembangunan

Ekonomi pembangunan adalah ekonomi  yang mempelajari beberapa hal dalam ekonomi, khususnya pembangunan nasional. Hasil dari ilmu ekonomi terapan dalam pembangunan adalah terjadinya pembangunan di berbagai negara.

Ilmu ini juga digunakan untuk pengambilan keputusan, pembuatan kebijakan serta melakukan analisis dengan menggunakan faktor atau kajian ekonomi pembangunan tersebut.

  • Ekonomi moneter

Dalam buku Ekonomi Moneter: Studi Kasus Indonesia (2020) karya Haryo Kuncoro dan Retno Ayu Kusumaningtyas, disebutkan jika ilmu ekonomi yang mempelajari sifat, fungsi, pengaruh uang dalam berbagai kegiatan ekonomi.

Ekonomi moneter juga mengkaji sistem moneter internasional hingga permasalahan kebijakan moneter.

Contoh ekonomi moneter adalah dalam dunia perbankan. Ilmu perbankan merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang keuangan, produksi dan pendistribusian uang ke masyarakat.

  • Ekonomi kesehatan

Sesuai dengan namanya, ilmu ini digunakan dalam dunia kesehatan. Hampir sama seperti ekonomi terapan lainnya, ilmu ekonomi kesehatan membahas tentang kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan kesehatan.

Gabungan ilmu ekonomi dan kesehatan ini mencakup kesehatan masyarakat dan individu di dalam sebuah negara.

  • Ekonomi demografi

Adalah jenis ilmu ekonomi terapan yang mempelajari tentang hubungan demografi atau kependudukan dengan analisis ekonomi.

Ilmu ini mengkaji populasi manusia, pertumbuhan penduduk, nilai hidup dan ekonomi, dan yang lainnya.

  • Ekonomi publik

Dilansir dari situs Lumen Learning, ekonomi publik mempelajari analisis dampak kebijakan publik terhadap alokasi sumber daya serta distribusi pendapatan dalam perekonomian.

Ilmu ini juga mengkaji program kesejahteraan, barang publik, perpajakan, dan lain sebagainya.

  • Ekonomi pasar bebas

Ekonomi pasar bebas juga termasuk dalam contoh ilmu ekonomi terapan. Pasar bebas adalah pasar yang menganut sistem liberalisme. Jadi kegiatan ekonomi mengedepankan produksi serta penjualan produk barang atau jasa tanpa adanya campur tangan pihak pemerintah.

Sistem pasar bebas menerapkan prinsip ekonomi berdasarkan hukum permintaan dan penawaran.

  • Ekonomi perusahaan

Dalam ekonomi perusahaan, akan mempelajari secara detail tentang kenyataan ekonomi dan gejala-gejala yang dialami oleh sebuah perusahaan. Setiap perusahaan tentunya memiliki masalah serta tantangan nya masing-masing.

Maka ada dua kemungkinan yakni perusahaan gagal atau perusahaan berhasil bertahan. Upaya-upaya yang dilakukan untuk menjalankan dan mempertahankan perusahan itulah yang dipelajari.

Misalnya saja upaya tersebut melibatkan banyak bidang dan keilmuan seperti ilmu ekonomi, ilmu politik, ilmu sosiologi, dan sebagainya.

Semua keilmuan tersebut diterapkan dalam membangun perusahaan dan pastinya mempengaruhi juga kebutuhan dan perilaku manusia terhadap hubungan ekonomi tersebut.

Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk masa depan teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button