PengetahuanSejarah

Fakta Menarik Keelokan Negeri Diatas Awan | Kawasan Wisata Dieng

Taman Ilmu | Wisata Dieng – Orang mengenal Kawasan Dieng menjadi salah satu tempat tujuan wisata Favorit di Jawa Tengah dan Indonesia. Tempat wisata ini  berada berada di ketinggian 2.093 mdpl masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo diketahui menyimpan banyak sekali tempat wisata sehingga patut dimasukkan ke dalam list liburan kalian.

Secara geografis Dieng terletak di antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Dataran tinggi ini dijuluki “Negeri di atas awan” ini karena letaknya yang berada pada dataran tinggi di pulau jawa dan pada zaman dahulu merupakan pusat peradaban agama Hindu pada sekitar abad ke-7.

Sebenarnya  selain Kawasan Dieng, masih banyak tempat wisata di Kabupaten Wonosobo yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Kawasan Wisata Dieng

Berikut sejumlah tempat yang direkomendasikan oleh Taman Ilmu

  1. Padang Savana

Padang savana adalah tempat wisata di Wonosobo yang terletak di Gunung Pangonan. Tempat wisata ini merupakan lembah luas dengan rumput yang berwarna hijau keemasan yang terlihat sangat indah dan memesona.

Dulunya, tempat wisata Dieng satu ini merupakan bekas kawah gunung Pangonan yang bentuknya menyerupai mangkuk raksasa seperti kawah besar dan dipenuhi rerumputan. Saat musim kemarau, padang savana berwarna cokelat dan berwarna hijau pupus ketika musim penghujan.

  1. Telaga Cebong

Destinasi wisata ini terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati panorama pemandangan alam yang indah dan memesona.

Tempat wisata di Wonosobo satu ini berada di atas ketinggian, sehingga banyak orang menyebutnya sebagai telaga di atas awan. Untuk itu, bagi Anda yang tengah berada di Wonosobo, wajib mengunjungi Telaga Cebong.

  1. Telaga Mardada

Tempat wisata di Wonosobo yang satu ini juga memiliki keindahan dan memesona. Telaga cantik ini tidak memiliki sumber mata air dan hanya mengandalkan hasil tampungan air hujan serta masyarakat setempat memanfaatkan air telaga ini untuk merawat lahan kentang di sekitar telaga.

  1. Kawah Sikadang

Kawah Sikidang merupakan tempat wisata di Wonosobo yang merupakan bekas letusan berapi hingga membentuk sebuah kawah. Di sekitar tempat wisata ini, Anda bisa menemukan banyak susunan batuan-batuan belerang. Selain itu, Anda juga bisa mencoba olahraga ekstrem berupa mengendarai motor trail di medan yang menantang.

  1. Candi Arjuna

Salah satu tempat wisata di Wonosobo yang paling banyak dikunjungi adalah komplek Candi Arjuna. Di tempat ini, terdapat lima bangunan candi, yaitu Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Arjuna, Candi Sembadra, dan Candi Puntadewa.

Di kompleks candi Arjuna, Anda tidak akan menemukan arca seperti candi pada umumnya. Sebab, arca-arca tersebut disimpan di museum Kalisa yang letaknya tidak jauh dari lokasi candi. Meski begitu, wisatawan tetap bisa melihat peninggalan-peninggalan sejarah lain di museum.

Nah bagi anda penyuka traveling dan wisata, tidak lengkap jika kalian memprioritaskan berwisata keluar negeri sedangkan didalam negeri masih banyak obyek wisata yang belum kalian datangi.(Mr.Okay98)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button