Bidang Ilmu Pendidikan

Pengertian Biologi dan 19 Cabang Ilmu Biologi Didalamnya

Taman Ilmu | Pengertian dari Ilmu Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup dan kehidupannya termasuk hewan, tumbuhan, dan mikroba. Di dalamnya, biologi mengkaji berbagai aspek kehidupan termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonomi.

Biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “bios” yang berarti kehidupan dan “logos” yang berarti ilmu sehingga biologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang kehidupan dan organisme hidup. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, biologi adalah ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup seperti manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan.

PENGERTIAN BIOLOGI Menurut para Ahli

Biologi atau disebut ilmu hayat adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas, dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang, dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang.

Tetapi, ada perbedaan pendapat tentang pengertian biologi menurut para ahli, diantaranya:

Oman Karmana

Pengertian biologi adalah ilmu yang dapat menunjang ilmu-ilmu lainnya dalam memecahkan suatu permasalahan.

Juniati, dkk

Pengertin biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup yang obyek dan persoalannya banyak terjadi di lingkungan alam sekitar.

Wijaya Jati

Pengertian biologi adalah ilmu sains mengenai makhluk hidup yang menitikberatkan kajian ilmu mengenai makhluk hidup dan kehidupannya.

Nur Haryanti

Pengertian biologi adalah ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup (manusia, binatang, tumbuhan), ilmu hayat.

Deswaty Furqonita & M. Biomed

Pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji segala sesuatu tentang makhluk hidup dan kehidupannya.

Fauziah & I Septifiranta

Pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari sesuatu yang hidup beserta masalah-masalah yang menyangkut kehidupan.

Fuad Izzudin & Tajudin

Pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari sesuatu yang hidup beserta masalah-masalah yang menyangkut hidupnya.

Widiyaningsih & S.H. Anwariningsih

Pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan.

Fiktor Ferdinand P & Moekti Ariwibowo

Pengertian biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup beserta lingkungannya dan memiliki cabang-cabang tersendiri yang mempelajari lebih spesifik lagi tentang makhluk hidup.

Ciri-ciri Biologi

Ada beberapa ciri-ciri biologi yang membedakan dengan bidang ilmu pengetahuan lainnya. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri biologi, yaitu:

  1. Memiliki objek kajian nyata dan konkret.
  2. Bersifat sistematis melalui langkah-langkah teratur.
  3. Memiliki metode ilmiah yang jelas.
  4. Bersifat universal yang berarti bisa dilakukan siapa saja.
  5. Bersifat objektif dan tidak dipengaruhi subjektivitas.
  6. Bersifat analitis dari hasil berpikir logis.
  7. Bersifat verifikatif untuk memastikan kebenaran teori.
  8. Bersifat empiris yang didapatkan pada pengalaman nyata.

Manfaat Biologi Bagi Kehidupan dan Lingkungan

Berikut ini beberapa manfaat biologi bagi kehidupan dan lingkungan, diantaranya:

  1. Mengetahui secara detail tentang alam.
  2. Dalam biologi bisa mempelajari makhluk hidup.
  3. Bisa mempelajari perkembangbiakan.
  4. Mempelajari cara tumbuh dan berkembang pada makhluk hidup.
  5. Mempelajari adanya dampak negatif atau positif dari alam.

19 CABANG ILMU BIOLOGI dan PENJELASANNYA

Jumlah cabang ilmu biologi diperkirakan lebih dari 200 jumlahnya mencakup banyak bidang mulai dari kesehatan, evolusi, hewan atau tumbuhan, bakteri, luar angkasa, klasifikasi, reproduksi, sel tubuh, ilmu hayati dan lainnya. Berikut dibawah ini kita akan mempelajari 19 cabang ilmu biologi Grameds, diantaranya:

1. ANATOMI – Cabang Ilmu Biologi

Anatomi merupakan ilmu yang mengkaji struktur organisme pada hewan, tumbuhan, dan manusia, atau definisi lainnya, adalah ilmu yang mempelajari struktur atau susunan tubuh organisme dan hubungan antar bagian yang satu dengan yang lainnya. Secara bahasa, anatomi berasal dari bahasa Yunani yang artinya pembedahan atau pemotongan.

2. FISIOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Fisiologi adalah cabang biologi yang mempelajari tentang berlansungnya sistem kehidupan. Istilah fisiologi dipinjam dari bahasa Belanda, physiologie, yang terdiri dua kata Yunani Kuna physis yang berarti “kajian”. Istilah “faal” diambil dari bahsa Arab, berarti ” logia, yang mempunyai arti (kajian). Dalam istilah “faal” di ambil dari bahasa Arab, dengan arti”pertanda”, “fungsi”, “kerja”. Fisiologi memakai bermacam metode untuk mempelajari biomolekul, jaringan, sel, organ, organisme dan sistem organ yang secara keseluruhan menjalankan fungsi kimiawi dan fisiknya untuk mendukung kehidupan.

3. TAKSONOMI – Cabang Ilmu Biologi

Taksonomi merupakan ilmu dari cabang ilmu biologi yang menelaah penamaan, pengelompokkan dan perincian mahluk hidup berdasarkan dengan persamaan dan perbedaan sifatnya. Nama kelompok klasifikasi disebut dengan takson (jamak-taksa). Di dalam ilmu ini akan mempelajari mengenai tata cara pengelompokkan yang disebut dengan taksonomi. Takson terendah dan yang paling khusus ialah spesies, sementara takson yang paling tinggi dan lebih inklusif atau juga bisa disebut umum merupakan kingdom.

Pada tumbuhan, taksonomi digunakan untuk memahami strategi evolusi kelompok tumbuhan yang berbeda sepanjang waktu dan perjuangannya untuk bertahan hidup, dan hal ini dibahas dalam buku Taksonomi Perjalanan Evolusi oleh M. Daniel.

4. HISTOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Histologi (histology) adalah cabang lmu biologi yang mempelajari sel dan jaringan tanaman, hewan, serta manusia. Histologi berasal dari kata Yunani yang berasal dari “histos” berarti jaringan, dan “logia” yang berarti pengetahuan. Jika digabungkan, maka kedua kata ini akan bermakna analisis komposisi, struktur, dan fungsi jaringan. Disiplin ilmu juga mempelajari sel serta organ. Sel dan jaringan dipelajari hingga tingkat yang mikroskopis untuk mengetahui adanya penyakit atau kelainan lainnya.

5. GENETIKA – Cabang Ilmu Biologi

Genetika (berasal dari kata serapan  bahasa Belanda: genetica, adaptasi dari bahasa Inggris:genetics, dibentuk dari kata bahasa Yunani: γέννω, genno yang berarti “melahirkan”. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penurunan sifat disebut genetika atau gen. Adapun yang dipelajari dalam cabang biologi ini, seperti virus dan prion.

Secara singkat dapat juga dikatakan bahwa genetika adalah ilmu tentang gen dan segala aspeknya. Seorang ilmuwan yang bernama Gregor Johan Mendel merupakan orang yang pertama kali melakukan penelitian mengenai penurunan sifat, oleh karena itu ia dinobatkan sebagai bapak genetika.

6. EKOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Ekologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungan dan lainnya. Dengan kata lain, cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari interaksi dalam ekosistem disebut ekologi.

Ekologi berasal dari kata Yunani yakni oikos (habitat) dan logos (ilmu). Selain itu, Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Secara umum, ekologi mempelajari tentang interaksi organisme dengan lingkungan hidupnya.

7. ZOOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Pengertian Zoologi berdasarkan bidang biologi adalah sebuah cabang biologi yang mempelajari tentang fungsi, struktur, evolusi, dan perilaku hewan. Selain itu, zoologi juga mencakup tentang anatomi perbandingan, biologi molekuler, psikologi hewan, biologi evalusioner, ekologi prilaku, paleontology dan taksonomi.

8. MORFOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Morfologi dalam biologi adalah bidang ilmu yang mengkaji bentuk organisme, terutama tumbuhan dan hewan, serta bagian-bagian yang mencakup kedua organisme tersebut. Sebagai contoh morfologi pada ikan, artinya ilmu yang mempelajari mengenai struktur dan bentuk ikan. Suatu organisme perlu diidentifikasi melalui bentuk serta strukturnya agar mudah di kenali. Selain itu morfologi juga menentukan fungsi dari bagian suatu organisme.

9. BOTANI – Cabang Ilmu Biologi

Botani adalah studi tentang organisme di kingdom Plantae, atau dikenal sebagai tumbuhan. Kata botani berasal dari kata sifat botanik, yang pada gilirannya berasal dari kata Yunani kuno botane, mengacu pada tumbuhan, rumput, dan padang rumput. Botani juga memiliki makna lain yang lebih spesifik; ini dapat merujuk pada biologi jenis tumbuhan tertentu (misalnya botani tanaman berbunga) atau kehidupan tanaman di area tertentu (misalnya botani hutan hujan).Orang yang mempelajari botani disebut juga sebagai ahli botani.

10. PALEONTOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Paleontologi adalah studi tentang kehidupan purba atau kehidupan prasejarah di bumi. Tujuan utamanya adalah menyelidiki evolusi spesies tumbuhan dan hewan serta ekosistem kuno serta iklim bumi secara keseluruhan. Meskipun berkaitan dengan kehidupan, paleontologi sebenarnya merupakan cabang dari geologi atau ilmu yang mempelajari alam fisik.

Paleontologi menggunakan fosil organisme untuk memperkirakan kondisi di bumi pada saat kehidupan organisme tersebut berlangsung. Perubahan pada spesies tertentu juga akan membantu menjawab pertanyaan tentang evolusi. Karena fosil umumnya terpendam dalam formasi berbagai jenis batuan, paleontologi memiliki hubungan erat dengan geologi.

11. VIROLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang virus adalah Virologi. Dalam perkembangannya, selain virus ditemukan pula viroid dan prion. Kedua kelompok tersebut saat ini juga masih menjadi bidang kajian virology. Memiliki posisi strategis dalam kehidupan dan banyak dipelajari karena bermanfaat bagi industri farmasi dan pestisida. Virologi juga menjadi perhatian pada bidang kedokteran, kedokteran hewan, peternakan, perikanan dan pertanian.

Virus adalah organisme subselular. Dengan ukurannya yang sangat kecil, sehingga hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Ukurannya bahkan lebih kecil dari bakteri sehingga virus tidak dapat disaring dengan penyaring bakteri. Virus terkecil berdiameter hanya 20 nm (lebih kecil daripada ribosom),

12. ENTOMOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Entomologi adalah ilmu yang mempelajari serangga (insect) akan tetapi, arti ini seringkali diperluas untuk mencakup ilmu yang mempelajari Arthropoda (hewan beruas-ruas) lainnya, khususnya laba-laba dan kerabatnya (Arachnida atau Arachnoidea), serta luwing dan kerabatnya (Millepoda dan Centipoda). Dimasukannya Arthropoda lain sebagai bagian yang dibahas pada Entomologi karena ada hubungan evolusioner atau filogenetis dalam konteks pembahasan taksomis dengan serangga.

Selain itu dalam konteks fungsional Arthropoda lain berperan sebagai pemangsa dan pesaingbagi serangga. Melalui entomologi kita akan diajak mengenal serangga lebih jauh.

13. ORNITOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Ornitologi merupakan ilmu pengetahuan tentang burung, termasuk deskripsi dan klasifikasi, penyebaran, dan kehidupannya. Ornitologi (dari Bahasa Yunani: ορνισ, ornis, “burung”; dan λόγος, logos, “ilmu”) adalah cabang zoologi yang mempelajari burung. Burung merupakan satwa yang paling elok, paling merdu, paling dikagumi, paling banyak ditelaah, dan paling gigih dibela.

Jumlahnya jauh melebihi semua vertebrata lain kecuali ikan, dan dapat ditemukan di seluruh pelosok dunia, dari tepi tudung es kutub serta Lereng Himalaya dan Andes yang paling tinggi sampai laut paling bergolak, rimba yang paling gelap, gurun yang paling tandus, dan kota yang paling berjejal.

Beberapa macam di antaranya bahkan memasuki lingkungan ikan sampai sedalam 30 meter atau lebih. Dengan segala kelebihan tersebut, menjadikan burung  paling banyak diamati, paling banyak diteliti dan paling banyak didokumentasikan.  Sehingga ilmu yang mempelajari satwa ini merupakan salah satu ilmu tertua dan paling awal berkembang.

14. MIKOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Mikologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang fungi (jamur) atau sering disebut juga cendawan. Kajian dalam mikologi antara lain meliputi taksonomi jamur, fisiologi jamur, bioteknologi jamur, budidaya jamur. Jadi, cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur disebut mikologi.

Mikologi sangat besar pengaruhnya terhadap fitopatologi karena banyak penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jamur; sehingga pernah fitopatologi disebut sebagai mikologi terapan.

15. BAKTERILOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Bakteriologi adalah ilmu atau studi yang mempelajari bakteri dan pengaruhnya terhadap sebuah penyakit dan obat-obatan, serta bidang lainnya seperti pertanian, industri, perekonomian yang berkaitan dengan pembusukan makanan dan anggur. Beberapa hal yang dipelajari dalam bakteriologi adalah asal-usul, epidemiologi, tinjauan klinis atau patologis, dan teknik identifikasi bakteri dari segala aspek, baik secara klinis, standar laboratorium, mampun teknik biakan.

Dalam bidang kesehatan, bakteriologi biasanya dimanfaatkan untuk mendeteksi keberadaan bakteri baik dalam tubuh manusia ataupun objek, seperti air dan makanan. Kemajuan awal yang dicapai oleh bakteriologi adalah berhasil mengidentifikasi karakter bakteri yang terkait dengan penyakit tertentu. Kini, sebagian besar penyakit bakteri pada manusia sudah teridentidikasi, meskipun varian lainnya terus berkembang dan kadang-kadang muncul, seperti penyakit Legionnaire, tuberkulosis dan sindrom syok toksik.

16. EVOLUSI – Cabang Ilmu Biologi

Evolusi adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembangan Makhluk hidup dari tingkat yang rendah ke tingkat yang tinggi. Evolusi (dalam kajian biologi) juga berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perubahan-perubahan ini disebabkan oleh kombinasi tiga proses utama: variasi, reproduksi, dan seleksi.

Sifat-sifat yang menjadi dasar evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan kepada keturunan suatu makhluk hidup dan menjadi bervariasi dalam suatu populasi. Ketika organisme bereproduksi, keturunannya akan mempunyai sifat-sifat yang baru. Sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen akibat mutasi ataupun transfer gen antar populasi dan antar spesies. Pada spesies yang bereproduksi secara seksual, kombinasi gen yang baru juga dihasilkan oleh rekombinasi genetika, yang dapat meningkatkan variasi antara organisme.

17. SITOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Sitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sel-sel makhluk hidup. Sel ialah suatu organisasi dalam kehidupan yang terkecil dan lengkap atau unit struktural dan unit fungsional yang menjadi satu kesatuan hereditas dalam pertumbuhan makhluk hidup. Dalam ilmu biologi ada cabang yang secara khusus yang mempelajari tentang sel, mulai dari struktur sel, fungsi sel dan pada bagian-bagian sel. Cabang ilmu biologi tersebut terkenal dengan sebutan biologi sel atai sitologi.

18. MIKROBIOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mikroorganisme atau organisme hidup tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya yang sangat kecil. Mikrobiologi memiliki beberapa sub-disiplin, yaitu virologi (studi tentang virus), mikologi (studi mengenai jamur), bakteriologi (ilmu yang mempelajari bakteri) dan parasitologi (ilmu yang mempelajari parasit). Sub-disiplin mikrobiologi dibuat berdasarkan mikroorganisme yang membawa penyakit menular, sehingga ilmu-ilmu ini termasuk sebagai kelompok “mikrobiologi kedokteran”, yaitu cabang ilmu kedokteran yang menangani perawatan pencegahan, diagnosis dan pengobatan yang disebabkan oleh mikroorganisme.

19. MAMOLOGI – Cabang Ilmu Biologi

Mamologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mamalia, kelas hewan vertebrata yang dikarakteristikan dengan jantung dan empat bilik, berdarah panas, memiliki bulu atau rambut, dan memiliki sistem saraf yang kompleks. Mamologi juga dikenal dengan nama “mastologi”, “theriologi”, dan “therologi”. Mamologi dibagi-bagi lagi menjadi cabang-cabang lain seperti primatologi, yang mempelajari primata, dan cetologi yang mempelajari cetacean Grameds.

20. AGRONOMI

Merupakan cabang ilmu biologi yang mengkaji mengenai tanaman budidaya. Agronomi adalah ilmu dan teknologi dalam memproduksi dan memanfaatkan tumbuhan untuk bahan pangan, bahan bakar, serat, dan aplikasi lingkungan seperti reklamasi. Agronomi merupakan ilmu yang mempelajari budidaya tanaman dengan produksi yang optimum dan kelestarian yang berkelanjutan.

Demikian artike tentang pengertian Ilmu Biologi beserta cabangnya..semoga bermanfaat bagi teman teman semua. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button